Rabu, 24 Juli 2019

Recipe: Yummy Wedang Tahu / Kembang Tahu khas Semarang

Wedang Tahu / Kembang Tahu khas Semarang. Minuman khas semarang, Wedang Tahu, terbuat dari sari tahu dengan wedang dibuat dari ramuan jahe ditambah serai dan gula jawa/gula aren. Wedang tahu menjadi minuman khas Semarang. Minuman penghangat tubuh ini menggunakan sari kedelai sebagai isian.

Wedang Tahu / Kembang Tahu khas Semarang Wédang tahu) adalah minuman yang beromakan jahe dan berisi kembang tahu yang terbuat dari sari kedelai. Minuman ini berkhasiat sebagai penghangat tubuh dan sangat cocok bila dinikmati pada musim hujan, pada pagi ataupun sore hari. Sekilas hidangan ini mirip bubur sumsum, tapi jangan salah ini bukan bubur sumsum. You can have Wedang Tahu / Kembang Tahu khas Semarang using 9 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Wedang Tahu / Kembang Tahu khas Semarang

  1. You need of 🌼Bahan Kembang Tahu🌼.
  2. It's 250 ml of susu kedelai.
  3. You need 1/2 sachet of agar2 plain.
  4. Prepare 1/2 sdm of gula pasir ().
  5. You need of ☕Wedang Jahe ☕.
  6. It's 6 ruas jari of jempol jahe, kupas, geprek.
  7. Prepare 1 batang of serai, ambil putihnya, geprek.
  8. It's 1/2 buah of gula merah, lingkaran.
  9. Prepare 2 sdm of gula pasir (boleh skip/).

Warna putih pada hidangan ini adalah kembang tahu yang beraroma jahe dan. Kembang tahu sendiri adalah produk rebusan kedelai yang turut menjadi bahan baku pembuatan tahu. Di Jakarta, wedang tahu ini dikenal juga dengan Dilansir dari Antara, Ani, seorang penjual wedang tahu mengatakan bahwa makanan ini masih banyak dijual di Semarang dan sekitarnya. Wedang tahu adalah minuman khas peranakan.aslinya kurang pasti juga dari mana.yang jelas.di Semarang banyak penjual wedang tahu.tapi di Jakarta ada juga kayaknya.atau mungkin juga di daerah lain.

Wedang Tahu / Kembang Tahu khas Semarang step by step

  1. Campurkan semua bahan kembang tahu, rebus dengan api kecil sampai mendidih, matikan, tuang ke loyang/mangkuk/cetakan. Diamkan hingga adonan set..
  2. Rebus bahan wedang jahe dengan api kecil sampai mendidih. Matikan.
  3. Penyajian : ambil beberapa sendok/potongan kembang tahu yg sudah set, letakkan di mangkuk kemudian tuang kuah wedang jahe..
  4. Perpaduan lembutnya kembang tahu dan pedes+manis wedang jahe anget bikin badan dan tenggorokan nyaman. Yummy. Makin lama air jahe semakin enak&pedes. Kalo mau minum, tinggal jahenya dipanasin lg. Saya suka wedang jahe yg sudah direbus semalem sebelumnya. Lebih puedes 💥💋💋😹.

Aslinya kembang tahu ini dari susu kedelai tawar.yang di fermentasi dengan di tambah. Guideku.com - Wedang tahu, jajanan tradisional khas Semarang ini diolah dari air kedelai yang didihkan bersama agar-agar, gula dan garam. Saat disajikan, wedang tahu disiram kuah jahe yang diolah dari aneka bahan macam gula merah, gula pasir, daun jeruk, daun pandan, kayu manis. Wedang tahu termasuk minuman khas Semarang Jateng yang terbuat dari susu kedelai dicampur dengan agar-agar sehingga menjadi kembang tahu. Kuahnya berasal dari jahe yang dicampur dengan gula merah, gula putih dan rempah-rempah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar