Jumat, 19 Juli 2019

Recipe: Tasty Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan. Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol dan pleret kemudian disiram dengan santan.

Es Gempol Pleret Find es gempol pleret stock images in HD and millions of other royalty-free stock photos, illustrations and vectors in the Shutterstock collection. Minuman ini tentu tidak terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tetapi, bagi mereka yang tinggal diluarnya, mungkin belum pernah mencobanya. You can cook Es Gempol Pleret using 13 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Es Gempol Pleret

  1. It's 150 gr of tepung beras.
  2. Prepare 30 gr of tepung tapioka.
  3. You need 150 ml of air panas.
  4. You need 1 sdm of gula pasir.
  5. Prepare 1/2 sdt of garam.
  6. You need of pewarna makanan.
  7. It's of Kuah:.
  8. It's 600 ml of santan.
  9. It's 150 gr of gula pasir.
  10. You need 2 lembar of pandan.
  11. You need 1/4 sdt of garam.
  12. It's 100 ml of susu kental manis.
  13. It's of Es batu (secukupnya).

Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo (Surakarta), sebagian lagi berkata. Yang berbentuk bulat disebut gempol, sedangkan yang melingkar warna pink dan hijau disebut pleret.

Es Gempol Pleret step by step

  1. Campur tepung beras, tapioka, gula & garam, Aduk rata..
  2. Tuangkan air panas dikit2, aduk rata dan uleni hingga kalis, bagi 3 warna..
  3. Bentuk bulat pipih lalu tekan bagian tengahnya. Rebus hingga adonan mengembang dan mengapung, tiriskan..
  4. Rebus santan, gula putih, daun pandan yang sudah disimpul, dan garam sambil terus aduk, Setelah hangat, masukan susu kental mani, rebus sampai mendidih, dinginkan..
  5. Siapkan gelas saji, masukan gempol, es batu, dan tuangi kuah santan..
  6. Nikmati selagi dingin...

Menurut seorang penjual es dawet telasih dan es gempol pleret, kedua ini. Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Penjual es gempol pleret di Pasar Gede tidak hanya satu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar