Jumat, 05 Juli 2019

How to Cook Yummy Es gempol pleret

Es gempol pleret. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan. Последние твиты от Es Gempol Pleret (@esgempol). Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol dan pleret kemudian disiram dengan santan.

Es gempol pleret Rasa kuahnya yang gurih dan manis terasa semakin segar jika ditambahkan es batu. Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali. You can cook Es gempol pleret using 13 ingredients and 8 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Es gempol pleret

  1. Prepare of Bahan gempolan:.
  2. It's 150 gram of tepung beras.
  3. It's 50 gram of tepung tapioka.
  4. It's 15 gram of gula pasir.
  5. Prepare 1/2 sdt of garam.
  6. Prepare 150 ml of air hangat (aku pake air panas dispenser).
  7. It's Secukupnya of pawarna makanan.
  8. Prepare of Bahan kuah santan:.
  9. You need 600 ml of santan sedang.
  10. Prepare 150 gram of gula pasir.
  11. It's 2 sachet of kental manis.
  12. It's 2 lembar of daun pandan,simpulkan.
  13. Prepare Sejumput of garam.

Minuman ini tentu tidak terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tetapi, bagi mereka yang tinggal diluarnya, mungkin belum pernah mencobanya. Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair.

Es gempol pleret instructions

  1. Gempolan:campur semua bahan kering.tambahkan air hangat sambil diuleni hingga kalis.
  2. Bagi adonan jadi 3 bagian.masing2 beri pewarna sesuai selera.
  3. Ambil sedikit adonan,bulatkan lalu tekan tengahnya pake jari.lakukan sampe adonan habis.
  4. Didihkan air,rebus gempolan hingga mengapung.sebelum diangkat sebaiknya di cek dulu ya apakah tengahnya sudah matang ato belum.
  5. Angkat gempolan,celupkan ke air dingin.
  6. Kuah santan:masak semua bahan sampe mendidih sambil terus diaduk.
  7. Sajikan gempolan dengan kuah santan dan es batu.
  8. Selamat menikmati.

Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo (Surakarta), sebagian lagi berkata. Es gempol sendiri memiliki banyak versi seperti es gempol pleret semarang, es gempol pleret solo, es Bagi yang ingin mencoba membuat es gempol pleret sederhana dengan langkah pembuatan. Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol dan pleret kemudian disiram dengan santan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar