Rabu, 24 Juli 2019

Easiest Way to Prepare Yummy ES GEMPOL

ES GEMPOL. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan. Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair.

ES GEMPOL ES GEMPOL adalah minuman khas asal Jepara. Daripada jauh-jauh ke Solo untuk membelinya, saksikan video resep cara membuat es. Последние твиты от Es Gempol Pleret (@esgempol). Es Gempol adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair. You can have ES GEMPOL using 11 ingredients and 4 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of ES GEMPOL

  1. It's 150 gram of tepung beras.
  2. You need 50 gram of tepung sagu.
  3. You need 1/4 sdt of garam.
  4. You need 150 ml of air mendidih.
  5. Prepare of bahan kuah santan :.
  6. Prepare 1000 of santan dari 1/2 butir santan.
  7. You need 200 gram of gula merah, sisir halus.
  8. You need 2 lembar of daun pandan.
  9. It's 50 gr of gula pasir.
  10. You need 1/4 sdt of garam.
  11. Prepare 600 gr of es batu untuk penyajian.

Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Es ini terdiri dari adonan gempol dan Gempol dan pleret kemudian disiram dengan santan. Sebagai pemanis, biasanya santan diberi air. Es Gempol merupakan salah satu minuman segar yang sangat populer sekali di sekitar jawa tengah, minuman ini cukup unik karena ada tambahan gempol yang terbuat dari bahan dasar tepung beras.

ES GEMPOL step by step

  1. Aduk rata tepung beras dan garam. Tuang air mendidih. uleni rata. tambahkan tepung sagu. Uleni rata.
  2. Ambil sedikit adonan. bentuk bulat. Tekan bagian tengahnya. rebus dalam air mendidih sampai terapung. Tiriskan..
  3. Kuah santan, rebus bahan kuah santan sambil diaduk sampai mendidih. saring. dinginkan..
  4. Sajikan gempol bersama kuah santan dan s batu..

Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo (Surakarta), sebagian lagi berkata. Es gempol sendiri memiliki banyak versi seperti es gempol pleret semarang, es gempol pleret solo Bagi yang ingin mencoba membuat es gempol pleret sederhana dengan langkah pembuatan mudah. es gempol pak gendut semarang [image source]. Panas-panas memang paling cocok meminum es. Salah satu kedai yang bisa kamu kunjungi adalah Es Gempol Pleret Pak Gendut yang berada di Jl. Es Gempol adalah minuman dari gempol/pleret dari tepung beras dan tepung ketan, santan, dan gula cair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar