Rabu, 18 Desember 2019

How to Cook Yummy Es Gempol Pleret Khas Semarang

Es Gempol Pleret Khas Semarang. Hai guys, kali ini aku lagi jalan-jalan ke Semarang dan nyobain es gempol pleret. Es gempol pleret ini adalah minuman khas Jawa Tengah yang terbuat dari. Kangen dengan minuman Es Gempol khas Semarang, sekarang sudah bisa pesan antar.

Es Gempol Pleret Khas Semarang Minuman es ini tidak begitu diketahui asal usulnya. Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali paling enak diminum pada cuaca panas terik yang dapat menghilangkan rasa haus dahaga seketika. You can have Es Gempol Pleret Khas Semarang using 13 ingredients and 10 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Es Gempol Pleret Khas Semarang

  1. You need of Bahan GEMPOL PUTIH:.
  2. It's 200 gr of Beras.
  3. You need 50 of Air biasa.
  4. It's of Bahan PLERET WARNA.
  5. You need 200 gr of Tepung Beras Rosebrand.
  6. Prepare 60 gr of Tapioka.
  7. It's 110 ml of air.
  8. It's of Pewarna pink& hijau.
  9. It's of Bahan KUAH SANTAN:.
  10. You need 1 Liter of santan cair.
  11. Prepare 4 lembar of Daun Pandan.
  12. You need 4 SDM of gula pasir/sesuaikan selera.
  13. You need Sejumput of garam.

Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah Demikianlah tips resep minuman dari kami yaitu bagaimana cara membuat (membikin) minuman khas es gempol pleret yang enak, manis dan lezat. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo Siapkan mangkok saji, tata bulatan tepung beras, siramkan kuahnya serta tambahkan es batu. Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair.

Es Gempol Pleret Khas Semarang instructions

  1. Siapkan Bahan.
  2. Rendam beras semalaman(saya 12 jam). Tahap ini jangan diskip atau diganti hanya beberapa jam saja. Jangan pula diganti tepung beras pabrik. Takut gagal gempolnya gak bisa ngeprul..
  3. Cuci beras yang sudah direndam. Lalu tiriskan. Blender beras hingga menjadi butiran tepung yang kasar.
  4. Tuang tepung beras kasar diatas besek/pincuk yang dialasi daun pisang. Kukus tepung selama 30 menit. Lihat y beda teksturnya setelah dikukus.
  5. Tepung beras yang sudah dikukus. Tuangi air 50 ml lalu kepal besar2. Saya jadi 3 kepal. Lalu kukus kembali selama 20 menit.
  6. Setelah dikukus. Parut adonan Gempol dengan parutan keju. Sampai habis. Lalu bulatkan kecil2. Kukus kembali selama 10 menit. Sisihkan biarkan suhu ruang.
  7. Cara membuat PLERET: Campur semua bahan didalam panci, aduk hingga rata. Nyalakan kompor, aduk sebentar jangan sampai mendidih. Bagi adonan menjadi 2. Beri pewarna merah dan hijau..
  8. Siapkan daun pisang. Olesi dengan minyak. Tangan kita juga olesi minyak agar tidak lengket. Ambil adonan, letakkan diatas daun pisang. Gilas dengan jempol tangan hingga tipis. Semakin tipis semakin baik.
  9. Setelah digilas setipis mungkin, gulung adonan.Lakukan hingga adonan habis. Kukus selama 5 menit. Sisihkan..
  10. Kuah santan: campur semua bahan kuah didalam panci, masak hingga santan matang. Simpan dalam kulkas. Saran Penyajian: Tata Gempol didalam mangkok, siram dengan kuah santan yang dingin. Taburi gula halus. Segar MaasyaaAllah pengobat rindu es gempol diperantauan😍.

Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Inibaru.id - Es gempol pleret termasuk minuman tradisional yang biasanya ditemui di pasar-pasar. Terlebih memang minuman khas Solo ini namanya sudah melegenda. Kendati demikian, bagi saya yang generasi milenial ini belum pernah sekalipun mencicipi es gempol pleret tersebut. Gempol pleret adalah minuman tradisional dari Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar