Sabtu, 16 Mei 2020

How to Prepare Yummy (Salin dari) 13. Es Gempol Pleret #Rabubaru

(Salin dari) 13. Es Gempol Pleret #Rabubaru. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan dari hasil rebusan santan dengan tambahan gula. Minuman es ini tidak begitu diketahui asal usulnya. Kemudian ada yang mengatakan es gempol pleret berasal dari Solo, Tegal, Semarang, dan Pati.(sumber dari google ).

(Salin dari) 13. Es Gempol Pleret #Rabubaru Racikan khas es gempol pleret terdiri dari gempol dan pleret. Kemudian diberi santan yang sudah dicampur gula Jawa. Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. You can cook (Salin dari) 13. Es Gempol Pleret #Rabubaru using 14 ingredients and 5 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of (Salin dari) 13. Es Gempol Pleret #Rabubaru

  1. Prepare 150 gr of tepung beras.
  2. Prepare 50 gr of tepung tapioka.
  3. Prepare 1 sdm of gula pasir.
  4. You need 1/2 sdt of garam.
  5. It's 150 ml of air panas.
  6. It's Beberapa tetes of pewarna makanan.
  7. Prepare Beberapa tetes of essence (sesuai selera).
  8. Prepare of 🍅 Bahan kuah santan:.
  9. You need 300 ml of santan (kara).
  10. Prepare 300 ml of air.
  11. Prepare 150 gr of gula pasir.
  12. Prepare 1/4 sdt of garam.
  13. Prepare 2 lembar of daun pandan.
  14. You need 100 ml of susu kental manis.

Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Последние твиты от Es gempol pleret (@es_gempolpleret). ES GEMPOL PLERET YU MAMI Yg rindu akan kuliner tempo doeloe Varian rasa: - original - gula aren - sirup khas kudus Sedia SOSIS & BAKSO " NJERIT " tentukan sendiri level pedasnya. Gempol pleret adalah minuman tradisional dari Jawa Tengah.

(Salin dari) 13. Es Gempol Pleret #Rabubaru step by step

  1. Campur tepung,gula,garam.kucuri air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk & diuleni sampai kalis(tdk lengket ditangan).bagi adonan menjadi 3 lalu beri warna. Beri essence sesuai selera.
  2. Ambil adonan bulatkan lalu bentuk sesuai sekera.sisihkan..lakukan sampai habis.
  3. Panaskan air sampai panas baru masukan adonan gempol.rebus sampai mengapung.angkat...tiriskan.
  4. Buat kuah santan: masak santan,gula, garam,daun pandan.apabila sudah hangat baru masukan susu kental manis.aduk hingga mendidih.angkat...dinginkan..
  5. Penyajian: ambil gempol masukan ke gelas lalu tuang kuah santan..beri es batu secukupnya.siap dihidangkan.

Ciri khas dari minuman ini adalah gempol warna-warni yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka. Rasa kuahnya yang gurih dan manis terasa semakin segar jika ditambahkan es batu. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah Terlepas dari itu semua, tanpa mengurangi cita rasa dan kekhasan masing - masing daerah, kami berusaha menyajikan resep terbaik, yaitu resep mudah. Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali paling enak diminum pada cuaca panas terik yang dapat menghilangkan rasa haus dahaga seketika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar