Jumat, 10 April 2020

How to Prepare Yummy Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan. Restaurant in Jakarta, Indonesia. Последние твиты от Es Gempol Pleret (@esgempol). Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras.

Es Gempol Pleret Gempol pleret adalah minuman tradisional dari Jawa Tengah. Rasa kuahnya yang gurih dan manis terasa semakin segar jika ditambahkan es batu. Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. You can have Es Gempol Pleret using 12 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Es Gempol Pleret

  1. You need 75 gram of tepung beras.
  2. It's 15 gram of tepung tapioka.
  3. It's 1 sdm of Gula pasir.
  4. You need 1/2 sdt of garam.
  5. Prepare 80 ml of air panas.
  6. Prepare of Pewarna makanan secukupnya (merah, kuning,hijau).
  7. You need of 🍂KUAH SANTAN 🍂.
  8. You need 1 bungkus of santan instan.
  9. Prepare 2 sdm of Gula pasir.
  10. It's 1/2 sdt of garam.
  11. You need 1 lembar of daun pandan (simpulkan).
  12. It's 75 ml of susu kental manis putih.

Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali. Minuman ini tentu tidak terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tetapi, bagi mereka yang tinggal diluarnya, mungkin belum pernah mencobanya. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo (Surakarta), sebagian lagi berkata.

Es Gempol Pleret instructions

  1. Campur,aduk rata bahan kering,tuang air panas secara bertahap,uleni sampai Kalis,bagi adonan menjadi tiga warna..
  2. Bentuk adonan menjadi bulat pipih,tekan bagian tengahnya ulangi sampai adonan habis.
  3. Rebus adonan hingga matang (mengapung) tiriskan.
  4. Didihkan Bahan Kuah santan, kecuali susu,aduk terus jangan sampai santan pecah, setelah agak hangat, masukkan susu kental manis,aduk rata dan didihkan kembali.
  5. Sajikan.

Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Es gempol sendiri memiliki banyak versi seperti es gempol pleret semarang, es gempol pleret solo, es Bagi yang ingin mencoba membuat es gempol pleret sederhana dengan langkah pembuatan. Nah bunda bagaimana cara membuat Cara Membuat Es Gempol Pleret Kenyal Empuk dengan mudah dan dapat dipraktekkan sendiri mari kita simak terlebih dahulu cara membuat gempol, dan di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar