Sabtu, 14 September 2019

Recipe: Perfect Es Gempol plered

Es Gempol plered. Es Gempol merupakan salah satu minuman segar yang sangat populer sekali di sekitar jawa tengah, minuman Nama minuman gempol plered diambil dari bahan pembuatnya, yakni gempol dan pleret. Es Gempol pleret "Gawe Dewe" minuman khas Pati nikmati rasanya di taman Segera nikmati Sensasi es Gempol Pleret "Gawe Dewe" minuman khas Pati, Gurih, kenyil.. Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras.

Es Gempol plered Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Gempol disiram dengan santan dan gula, dan sering kali ditambah es. You can have Es Gempol plered using 13 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Es Gempol plered

  1. You need of Bahan Gempol :.
  2. You need 150 gr of tepung beras.
  3. Prepare 50 gr of tepung tapioka / kanji.
  4. It's 1 SDM of gula pasir.
  5. Prepare 1/2 sdt of garam halus.
  6. Prepare 150 ml of air putih mendidih.
  7. It's Secukupnya of pewarna makanan.
  8. Prepare of Bahan kuah santan:.
  9. You need 600 ml of santan (saya pake 2 Bks kara 65 ml + air).
  10. You need 1/2 sdt of garam.
  11. Prepare 150 gr of gula pasir.
  12. It's 3 sachet of SKM putih.
  13. It's 2 lbr of daun pandan.

Ciri khas dari minuman ini adalah gempol warna-warni yang terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka. owl:sameAs. dbpedia-id:Gempol_Plered. Minuman ini tentu tidak terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tetapi, bagi mereka yang tinggal diluarnya, mungkin belum pernah mencobanya. Es Gempol adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair.

Es Gempol plered instructions

  1. Pertama kita buat Gempol nya terlebih dahulu, satukan semua bahan uleni hingga Kalis. Lalu bagi dua adonan dan masing-masing bagian beri pewarna. Aku pilih ungu dan pink. Jadi kayak warna little ponny yah🤭.
  2. Bulat kan adonan sedikit sedikit, pipihkan lalu lubangi dengan jari. Masak air didihkan lalu rebus Gempol hingga matang dan mulai mengapung.
  3. Tiriskan Gempol yang sudah matang. Masak semua bahan kuah santan hingga benar-benar masak di api kecil..
  4. Tata Gempol di gelas / mangkok siram kuah santan. Beri es batu dan biji selasih bila ingin dijadikan es, enak banget. Di santap hangat pun nikmat. Yummy.

Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Traveler bisa mencari Es Gempol ini bila sedang berada di Semarang. Sama seperti Jamu Jun Sebenarnya, nama lengkap minuman ini adalah Es Gempol Plered. Racikan khas es gempol pleret terdiri dari gempol dan pleret. Berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, tak afdol rasanya bila tidak mencicipi kuliner khasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar