Selasa, 24 September 2019

How to Prepare Tasty Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan. Последние твиты от Es Gempol Pleret (@esgempol). Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol dan pleret kemudian disiram dengan santan.

Es Gempol Pleret Rasa kuahnya yang gurih dan manis terasa semakin segar jika ditambahkan es batu. Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali. You can cook Es Gempol Pleret using 8 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Es Gempol Pleret

  1. It's of Gempol dan pleret yang sudah jadi.
  2. Prepare Sesuai selera of sirup cocopandan.
  3. Prepare Sesuai selera of es batu.
  4. It's of Kuah Santan :.
  5. Prepare 800 ml of air.
  6. You need 65 ml of santan instan.
  7. It's 1 lembar of daun pandan, ikat.
  8. Prepare 1/4 sdt of garam.

Minuman ini tentu tidak terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tetapi, bagi mereka yang tinggal diluarnya, mungkin belum pernah mencobanya. Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair.

Es Gempol Pleret instructions

  1. Rebus air hingga mendidih..
  2. Masukkan daun pandan, garam dan santan. Aduk terus agar santan tidak pecah ➡ angkat sisihkan/ biarkan dingin..
  3. Siapkan mangkok, masukkan es batu, gempol dan pleret..
  4. Tuangkan kuah santan dan beri tambahan sirup cocopandan. Selamat mencoba dan bermanfaat..
  5. Nb: kalau misal suka gurih, sirup bisa ditiadakan..

Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo (Surakarta), sebagian lagi berkata. Es gempol sendiri memiliki banyak versi seperti es gempol pleret semarang, es gempol pleret solo, es Bagi yang ingin mencoba membuat es gempol pleret sederhana dengan langkah pembuatan. Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol dan pleret kemudian disiram dengan santan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar