Kamis, 26 September 2019

Recipe: Perfect Es gempol cendol

Es gempol cendol. Memiliki nama yang unik, pelepas dahaga berisi dawet dan bola-bola bercita rasa manis dengan warna merah serta putih. Nah, bola warna merah dan putih inilah. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan.

Es gempol cendol Siapa yang tak kenal dengan minuman satu ini. Biasanya, adonan gempol dibuat dengan warna putih, sedangkan adonan pleret dibuat hijau, merah muda, atau coklat. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo (Surakarta), sebagian lagi berkata. You can cook Es gempol cendol using 10 ingredients and 6 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Es gempol cendol

  1. You need of Bahan cendol Gempol:.
  2. Prepare 150 gr of tepung ketan.
  3. Prepare 25 gr of tepung beras.
  4. It's Sejumput of garam.
  5. It's 175 ml of air, didihkan.
  6. You need of Bahan kuah:.
  7. It's 400 ml of santan.
  8. You need 2 lembar of daun pandan.
  9. It's 150 gr of gula merah.
  10. It's 1/4 sdt of garam.

Cendol /หˆtสƒษ›ndษ’l/ is an iced sweet dessert that contains droplets of green rice flour jelly, coconut milk and palm sugar syrup. It is commonly found in Southeast Asia and is popular in Indonesia, Malaysia. Selain itu juga terdapat menu es cendol yang menjadi andalan di tempat ini,untuk Cendolnya dapat ditambah. Cendol merupakan minuman khas Sunda yang dahulunya terbuat dari tepung hunkwe, namun kini cendol terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan.

Es gempol cendol instructions

  1. Campur tepung beras dan tepung ketan beserta garam,tuang air mendidih smbil di aduk rata. Uleni adonan hingga tdk lengket di tangan.
  2. Bentuk adonan bulat seperti kelereng,lalu tekan tiap adonan dgn ibu jari hingga adonan pipih dan cekung di bagian tengahnya,.
  3. Rebus adonan hingga matang dan mengapung, angkat dan tiriskan,,.
  4. Kuah: masukkan semua bahan masak hingga mendidih, lalu angkat dinginkan,,,.
  5. Sajikan gempol dgn kuahnya tambahkan es batu๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜.
  6. Yummy ๐Ÿ˜๐Ÿ˜.

Rasa minuman ini manis dan gurih. Biasanya gempol pleret diminum dingin dengan tambahan es batu. Pak Suhar mengombinasikan gempol pleret dengan cendol dawet. Sehingga minuman ini pun dia namai es dawet gempol pleret. Minum es menjadi favorit banyak kalangan, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar