Minggu, 07 Juni 2020

How to Make Perfect Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan. Последние твиты от Es Gempol Pleret (@esgempol). Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol dan pleret kemudian disiram dengan santan.

Es Gempol Pleret Rasa kuahnya yang gurih dan manis terasa semakin segar jika ditambahkan es batu. Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali. You can have Es Gempol Pleret using 16 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Es Gempol Pleret

  1. It's of Bahan :.
  2. It's 175 gr of Tepung beras.
  3. It's 1/4 sdt of Garam.
  4. You need 200 ml of Air mendidih.
  5. Prepare 25 gr of Tepung sagu.
  6. It's 5 gr of Pewarna R&W Merah muda.
  7. You need of Bahan kuah :.
  8. Prepare of Santan dari 1/2 butir kelapa 1 liter.
  9. Prepare 2 lembar of Daun pandan.
  10. You need 25 of Gula pasir.
  11. It's 14 sdt of Garam.
  12. You need 4 of Vanilli R&W.
  13. Prepare Secukupnya of Es batu untuk menyajikan.
  14. It's of Bahan sirup :.
  15. You need 500 gr of Gula merah.
  16. It's 250 ml of Air.

Minuman ini tentu tidak terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tetapi, bagi mereka yang tinggal diluarnya, mungkin belum pernah mencobanya. Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair.

Es Gempol Pleret step by step

  1. Cara membuat Sirup : Potong kecil-kecil gula merah kemudian rebus dengan air 250 ml sampai mendidih dan kental lalu dinginkan.
  2. Cara membuat : 1. Aduk tepung beras dan garam. Tuang air mendidih. Aduk-aduk hingga hangat kuku. 2. Tambahkan tepung sagu. Uleni sampai rata. 3. Pulung adonan masing-masing 2 gram. Tekan bagian tengahnya. 4. Rebus dalam air mendidih sampai terapung..
  3. Cara membuat kuah : Rebus bahan kuah sambil diaduk hingga mendidih. Saring, dinginkan..
  4. Saran penyajian : - Sajikan bersama sirup gula merah dan es batu - Disajikan dingin akan lebih nikmat.

Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo (Surakarta), sebagian lagi berkata. Es gempol sendiri memiliki banyak versi seperti es gempol pleret semarang, es gempol pleret solo, es Bagi yang ingin mencoba membuat es gempol pleret sederhana dengan langkah pembuatan. Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras. Gempol dan pleret kemudian disiram dengan santan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar