Minggu, 12 Januari 2020

Recipe: Perfect Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret. Es gempol adalah sajian es dengan pulungan adonan tepung sagu, tepung terigu dan tambahan bahan lainnya yang direbus matang lalu disajikan bersama kuah santan. Restaurant in Jakarta, Indonesia. Последние твиты от Es Gempol Pleret (@esgempol). Es ini terdiri dari adonan gempol dan pleret yang terbuat dari tepung beras.

Es Gempol Pleret Gempol pleret adalah minuman tradisional dari Jawa Tengah. Rasa kuahnya yang gurih dan manis terasa semakin segar jika ditambahkan es batu. Resep Es Gempol Pleret Segar Sederhana Spesial Asli Enak. You can cook Es Gempol Pleret using 13 ingredients and 7 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Es Gempol Pleret

  1. You need of Bahan gempol 👇.
  2. Prepare 150 gram of tepung beras.
  3. You need 50 gram of tepung tapioka.
  4. It's 1 sdm of gula putih.
  5. Prepare 1/2 sdt of garam.
  6. It's 150 ml of air mendidih.
  7. It's Secukupnya of pewarna makanan.
  8. It's of Bahan kuah santan 👇.
  9. You need 600 ml of santan (pakai santan bubuk 20 gram + air bersih).
  10. You need 100 ml of krimer kental manis putih.
  11. Prepare 150 gram of gula pasir.
  12. It's 1/2 sdt of garam.
  13. Prepare 1 lembar of daun pandan.

Minuman es dari daerah Pleret, Bantul Jogja yang terbuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan ini rasanya menyegarkan sekali. Minuman ini tentu tidak terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah. Tetapi, bagi mereka yang tinggal diluarnya, mungkin belum pernah mencobanya. Sebagian mengatakan bahwa es gempol pleret merupakan minuman khas semarang, ada pula yang mengatakan bahwa es gempol pleret adalah minuman khas Solo (Surakarta), sebagian lagi berkata.

Es Gempol Pleret step by step

  1. Siapkan bahan2 untuk membuat gempol.
  2. Tuang air mendidih sedikit2 kedalam adonan sambil di aduk menggunakan sendok, lalu uleni hingga tidak lengket di tangan.
  3. Kemudian bagi adonan menjadi 2,masing masing beri secukupnya pewarna makanan uleni hingga rata.
  4. Ambil sedikit adonan,bulatkan lalu sedikit di pipihkan,tekan bagian tengah nya dengan jari. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Didihkan air kemudian masukan gempol,rebus hingga mengapung....lalu tiriskan.
  6. Siapkan panci,masukan semua bahan kuah santan masak sambil di aduk terus hingga mendidih, matikan api dan dinginkan.
  7. Penyajian: siapkan mangkuk masukan es batu, gempol dan kuah santan atau bisa juga di masukan ke kulkas....siap di sajikan.

Es gempol sendiri memiliki banyak versi seperti es gempol pleret semarang, es gempol pleret solo, es Bagi yang ingin mencoba membuat es gempol pleret sederhana dengan langkah pembuatan. Nah bunda bagaimana cara membuat Cara Membuat Es Gempol Pleret Kenyal Empuk dengan mudah dan dapat dipraktekkan sendiri mari kita simak terlebih dahulu cara membuat gempol, dan di bawah. Es Gempol (bahasa Jawa: ꦌꦱ꧀ ꦒꦼꦩ꧀ꦥꦺꦴꦭ꧀, translit. Es gempol) adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar