Sabtu, 11 Januari 2020

Recipe: Delicious Jamu Jun Semarang

Jamu Jun Semarang. Com - Ke Pasar Semawis tanpa Jamu Jun terasa ada yang kurang. Jamu dengan banyak campuran rempah tapi tetap enak disantap, ya Jamu Jun ini. Saya yakin, banyak yang belum mengenal jamu jun.

Jamu Jun Semarang Jamu Jun merupakan minuman berbahan dasar tepung beras yang diberi campuran rempah rempah dan di sajikan dengan bubuk merica sebagai pelengkap. Minuman ini berasal dari kawasan pesisir pantai utara jawa tengah, terutama dari daerah Semarang, Demak, dan Jepara. Disebut jamu jun karena jamu ini dijajakan menggunakan jun, yaitu semacam wadah dari tanah liat Kendati menjadi minuman yang diklaim khas Semarang, jamu jun sejatinya bukanlah minuman asli. You can have Jamu Jun Semarang using 24 ingredients and 4 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Jamu Jun Semarang

  1. Prepare 1.5 liter of air.
  2. Prepare 25 gr of tepung beras.
  3. Prepare 25 gr of tepung ketan putih.
  4. You need 200 gr of gula jawa.
  5. You need 1 sdt of lada bubuk.
  6. It's of #Bahan Rempah2:.
  7. You need 1/2 sdt of adas manis sangrai.
  8. It's 4 butir of kapulaga sangrai.
  9. It's 2 butir of bunga lawang sangrai.
  10. You need 2 cm of kayu manis.
  11. Prepare 2 batang of sereh geprek.
  12. Prepare 3 cm of jahe geprek.
  13. Prepare of #Bahan kuah santan :.
  14. You need 200 ml of santan kental.
  15. You need 1 lembar of daun pandan.
  16. Prepare Sejumput of garam.
  17. Prepare of # Krasikan jamu jun :.
  18. Prepare 75 gr of beras ketan putih sangrai haluskan.
  19. It's 50 gr of kelapa parut kasar memanjang di sangrai.
  20. You need 100 ml of santan.
  21. You need 125 gr of gula jawa sisir halus.
  22. Prepare 1/4 sdt of vanili.
  23. You need 1/4 sdt of garam halus.
  24. You need 1 lembar of daun pandan.

Jamu Jun salah satu kuliner legendaris khas Semarang yang wajib dicoba. Jamu yang unik ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, merica dan lain-lain. I didn't expect the museum to be so small. Baca Soekirman: Ramadhan di Kampung Halaman yang baru dirilis di Situs Resmi LINE WEBTOON secara gratis.

Jamu Jun Semarang instructions

  1. Rebus air dengan bahan rempah hingga mendidih, saring agar kuah bersih, didihkan kembali, tepung ketan dan tepung beras dicampur dan encerkan dengan sedikit air, masukkan campuran tepung kedalam air mendidih masak sampai tepung matang +/- 10 -15 menit, sisihkan. Untuk kekentalan dan keenceran tepung menyesuaikan ya, bila encer bisa tambahkan tepung maupun air..
  2. Langkah krasikan jamu jun: Rebus santan,gula,vanili,garam,daun pandan hingga mendidih saring air rebusan tambahkan beras ketan & kelapa parut ke dlm larutan santan aduk2 hingga mengental kalis matang tunggu dingin bentuk bulat2 kecil sisihkan..
  3. Bahan kuah santan: masak santan dan daun pandan beri garam aduk hingga mendidih jangan sampe pecah sisihkan.
  4. Sajikan ramuan jamu Jun dengan kuah santan dan bola Jun serta merica bubuk sajikan hangat hangat sedapp.

Di Semarang ada sebuah kuliner yang menggunakan nama jamu tapi tidak terasa pahit, yakni Jamu Jun. Jamu Jun ini super unik.karena jamu tapi dalam bentuk bubur. COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Soto pa Bambang, yang jenis sotonya merupakan Soto Semarang. Jamu Jun "Wijoyo" - Citizen Journalism Academy. If you are looking for Jamu Jago travel information, Expedia has you covered.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar